Saturday, October 6, 2012

Jalan-Jalan ke Bangka



pantai tanjung pesona bangka

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan provinsi ke -31 di Indonesia yang ditetapkan pada tahun 2000 dari sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan.

Setelah sempat jalan-jalan ke Belitung pada Juni 2012, awal Oktober ini kami jalan-jalan ke Bangka dalam rangka acara gathering kantor.

Untuk menuju ke Bangka, bisa melalui beberapa jalur baik laut dan udara dari Palembang, Belitung, Batam maupun dari Jakarta. Melalui laut bisa menggunakan Jet Foil maupun kapal penumpang besar lain sedangkan melalui udara bisa menggunakan pesawat Sriwijaya Air  dari Palembang, Sky Aviation dari Belitung dan Batam (penerbangan 3x seminggu) serta dari Jakarta menggunakan Garuda Indonesia, Lion Air dan Sriwijaya Air. Penerbangan dari Jakarta ditempuh dalam waktu 50 menit saja. Tiket pesawat dari Jakarta atau dari palembang juga  cukup murah berkisar rp 350.000,- sampai Rp 700.000,- sekali terbang.

Mercusuar Muntok
Mercusuar Muntok

Dengan 4 kabupaten dan 1 kota (Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan dan Kota Pangkalpinang), provinsi Bangka Belitung  sebenarnya sangat kecil untuk menjadi sebuah provinsi tersendiri. Ibukota provinsi di Pangkal Pinang sangat kecil seperti layaknya kabupaten di Jawa. Namun dengan wisata pantai, kuliner laut dan kebudayaannya (warga asli merupakan orang melayu, cina dan percampuran berbagai suku), Bangka merupakan salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi bagi para pecinta travelling.

Pelabuhan Muntok
Pelabuhan Muntok
Bangka merupakan penghasil timah terbesar di Indonesia, kita akan dengan mudah menemukan tambang timah di pinggir jalanan pulau Bangka baik yang masih aktif maupun yang sudah ditinggalkan dalam bentuk kolam-kolam. 

Selain itu para pendiri bangsa Indonesia seperi Bung Karno, Bung Hatta dan kawan-kawan dahulu ternyata sempat dibuang ke Muntok, Bangka. Jejak perjuangan mereka masih terekam kuat di kalangan masyarakat dengan kehadiran dua bangunan bersejarah yaitu Wisma Ranggam dan Pesangrahan Menumbing. Di dua bangunan ini pengunjung dapat melihat peninggalan seperti kamar bekas Bung Karno serta mobil yang sering digunakannya ketika berada di Bangka.
Untuk melihat perkembangan penambangan timah terdapat museum Timah di Pangkalpinang dan Museum Geologi di Belitung yang juga menghadirkan koleksi aneka senjata dan budaya Belitung.

museum timah bangka
Museum Timah Bangka

Beberapa pantai eksotis yang harus dikunjungi di Bangka diantaranya:

1. Pantai Matras yang  terletak di Kelurahan Sinar Baru Kec. Sungailiat, berjarak 38 km dari ibukota provinsi. Pantai Matras menampilkan nuansa gelombang yang cukup tinggi sehingga memungkinkan untuk olahraga selancar dan speed boat.

2.Pantai Tanjung Pesona terletak 9km dari pusat kota  Sungailiat (atau sekitar 1 jam dari kota Pangkal Pinang), pantai ini sangat cocok untuk tempat peristirahatan di waktu libur.
Untuk akomodasinya bisa menginap di Hotel Tanjung Pesona Beach Resort yang selain menawarkan pemandangan pantai dan laut yang eksotis juga menawarkan spa dan kolam renang outdoor.  Wi-Fi gratis juga  tersedia di seluruh area resort.

pantai tanjung pesona bangka
Pantai Tanjung pesona tepat dari salah satu kamar Hotel Tanjung Pesona Beach Resort

3.Pantai Parai, dengan nuansa pantai dan adat Bangka yang kental ditampilkan oleh pengelola tempat ini, maka kita akan menemukan kenyamanan sehingga sangat cocok untuk acara liburan keluarga.

4.Pantai Pasir Padi, terletak di Desa Air Itam Pangkalpinang begitu landai dengan hamparan pasir yang begitu luas dan panjang menjadikan pantai ini banyak dikunjungi oleh para pengunjung, terutama pada saat liburan. Selain karena berada didekat pusat kota Pangkal Pinang, disini juga dibangun Botanical Garden.

5.Pantai Air anyir,  terletak 15 km dari Sungailiat ke arah Pangkalpinang. Di pantai ini biasanya diadakan upacara adat Rebo Kasan sebagai ucapan syukur dan doa kepada Tuhan sebelum pergi melaut untuk mencari ikan. Upacara Rebo Kasan biasanya dilaksanakan pada hari Rabu terakhir Bulan Syafar.

6.Pantai Romodong terletak di Kec. Belinyu, sekitar 77 km dari Sungailiat. Pantai ini tepat menghadap ke arah Barat sehingga dari pinggir pantai dapat disaksikan matahari tenggelam. Panjang pantai mencapai 4 km, landai dan berpasir putih yang halus dengan laut yang bening. Pantai ini tersedia beberapa cottage dan fasilitas lain untuk wisatawan.

7.Pantai tanjung kalian, terletak 9 km dari Muntok, Kab. Bangka Barat. Di pantai ini terdapat mercusuar yang dibangun pada tahun 1862, dimana dari puncak menara dapat disaksikan seluruh kawasan pantai Muntok. Di sini juga terdapat monumen peringatan 21 pesawat Australia yang gugur dalam peristiwa pemboman kapal laut Australia oleh Jepang pada tanggal 16 februari 1942.

8.Pantai Tanjung Ular.
Ciri khas pantai yang terletak 15 km dari Muntok atau 112 km dari Sungailiat ini adalah bentuk lekukannya yang indah dengan pasir putih yang halus dan landai serta terdapat bebatuan di depannya. Di pantai ini juga terdapat menara pantau guna melihat kapal-kapal yang akan berangkat dari pelabuhan Muntok.

Transportasi di bangka memang tidak semudah di Jawa, namun pada saat landing di Bandara Depati Amir Bangka, terdapat beberapa pilihan transportasi yang dapat disewa untuk menjelajahi pulau Bangka.

Untuk wisata kulinernya jelas tidak diragukan menu makanan seafood dan kuliner tradisionalnya luar biasa


warung sarapan pagi bangka
Nasi Uduk Ciamis Bu Ella, salah satu tempat sarapan di Bangka, jl A Yani dalam (pusat kota tanjung Pinang)
nasi minyak bangka
nasi Minyak bangka

4 comments:

Didik Prasetyo Utomo said...

Pantainya keren ya.

Didik Prasetyo Utomo said...

Pantainya keren ya.

yunitae said...

nyesel yang nggak ikut :)

Bangka Tour said...

Yang ingin jalan-jalan ke Pulau Bangka, yukk marii....

Hubungi BangkaTour ya cek BangkaTour.Com

Izin promosi ya bu'..