Saturday, March 31, 2012

AKOMODASI HEMAT DI SINGAPURA

Akomodasi di Singapura memang terkenal cukup mahal. Jika hotel bener-bener akan kita pakai hanya untuk tidur dan naruh barang bawaan saja karena  banyak aktivitas diluar, tak ada salahnya kita memilih hostel / guest house untuk menginap.

Memang ada jaringan hotel yang agak murah yaitu jaringan hotel fragrance dan hotel 81,  price kamarnya berkisar antara Rp 650.000 s/d rp 1 jutaan. Tapi  jangan sampai pilih Geylang ya, soalnya lokasi ini terkenal dengan lokasi xxxnya.

Untuk jaringan hotel 81 saya pernah mencoba hotel Bencoolen 81 di daerah Bencoolen Singapura. Lokasinya lumayan strategis dekat dengan NUS, Singapore Museum, Stasiun MRT, Beras Basah Komplex dan kalau mau ke Bugis Junction juga bisa kalau mau jalan kaki. Hotelnya seperti hotel bintang 3 di Indonesia, tidak terlalu besar, tapi lumayan bersih meskipun masih tercium bau karpet dan lift berdebu dan fasilitas kamar cukup memadai. Harganya waktu itu dapat Rp 800 ribuan / 1 malamnya.
Bencoolen 81 akomodasi singapore
kamar di Hotel Bencoolen 81


Untuk membandingkan harga hotel yang paling murah bisa dicek di WEGO.COM.

Beberapa alternatif akomodasi hemat di Singapura yaitu:

1. Singapore Hostel
Untuk mencari hostel bisa melalui hostelworld.com, hostel.com, www.hostelbookers.com atau lewat agoda.com juga bisa, jangan lupa baca reviewnya dulu soalnya hostel-hostel ini memiliki fasilitas sangat minim dan pilihan kamar beragam. Ada dormitory khusus perempuan, mix dormitory, kamar berdua atau single room. 

Single room sangat susah didapat kecuali pesan jauh-jauh hari,  tapi saya pernah dapat waktu menginap di Superhub hostel, lokasinya strategis di Jalan Pinang, dekat jalan Arab dan masjid Sultan. Stasiun MRT terdekatnya stasiun MRT Bugis. Biaya permalamnya 45 SGD.  Kamarnya seperti kost-kostan, kamar mandi diluar tapi it’s okelah karena sedang jadi single traveller dan memang kamarnya hanya dipakai untuk tidur setelah capek jalan seharian. Yang penting bukan dormitory dan ac nya juga ada. 

di kamar Superhub hotel, ada tempat tidur single, lemari, meja dan AC
Dormitory mungkin tetap aman, tapi pasti nggak nyaman kalau kita tidur ramai-ramai dengan orang lain yang tidak kita kenal. Kecuali kalau kita pergi rombongan mungkin bisa memilih dormitory.
Ada teman yang pernah menginap di dormitory ABC Backpaker  hostel dan menurutnya lumayan bersih dan nyaman karena waktu itu dia pergi bareng teman-temannya.
      

akomodasi singapore
Pinang Street, lokasi Suberhub hostel dan beberapa hostel lain, dibelakang ada Masjid Sultan
     Untuk review lebih lanjutnya bisa cari referensi di http://backpackerindonesia.com/forum/akomodasi-hemat-di-singapore. 
          
       2. Hotel  Transit bandara Changi (Ambassador hotel)
Kalau kita landing malam di Singapore, nggak ada salahnya kalau kita tetap stay dibandara dan menginap di hotel transit changi. Selain lebih bersih, lebih aman dan bagus di banding hostel. Biayanya adalah per blok (6 jam) dengan biaya 41,2 SGD untuk kamar single dan toilet dan kamar mandi diluar. Untuk extensi tiap jamnya 15.30 SGD.  Pesannya harus jauh-jauh hari ya biar nggak kehabisan. Selain itu kita tidak boleh melewati imigrasi dulu, jadi kita memang seperti penumpang transit. Jika waktu blok sudah habis dan kita masih ngantuk atau capek, bisa lanjut tidur or istirahat di Cinema room, internetan gratis  atau jalan-jalan ke taman bunga matahari atau taman yang lain, atau bisa shopping or nongkrong di beberapa cofee shop.

Untuk info dan pemesanan Ambassador transit hotel Singapore bisa lewat http://www.harilelahospitality.com/

sun flower garden changi airport
pagi-pagi setelah istirahat di Ambassadot transit hotel, enaknya nongkrong di Kebun Bungan Matahari

entertinment room changi airport
salah satu sudut entertainment room di Changi

entertinment room changi airport

No comments:

Jalan-Jalan ke Bangkok Thailand (Bagian Pertama)

Dulu aku sering komentarin temen yang jalan-jalan ke Bangkok, kupikir apa sih yang dicari karena Bangkok kan sama-sama negara berkemban...