Monday, March 5, 2012

TRANSPORTASI DARI / KE BANDARA KUALA LUMPUR

Kuala lumpur memiliki 2 bandara besar yaitu KLIA (Kuala Lumpur International Airport ) dan LCCT (Low Cost carrier Terminal).   
Khususnya LCCT digunakan khusus untuk penerbangan domestik dan internasional low budget diantaranya Airasia, Tiger airways dan Cebu Airlines.

Setelah sampai di bandara untuk menuju Kuala Lumpur  atau sebaliknya kita kita bisa menggunakan bus  (ada aerobus atau skybus nya AirAsia), Fast Rapid Train dan taksi. Alternatif terakhir kita singkirkan karena biayanya cukup mahal mengingat jarak ke Kuala Lumpur yang masih sangat jauh (dari LCCT 60km dan dari KLIA 50km). Dengan bus atau fast rapid KL (ada KLIA express dan KLIA transit) membutuhkan waktu sekitar 60 menit sampai 75 menit  sampai ke KL Central. KL Sentral merupakan pusat sarana transportasi di Kuala Lumpur untuk menuju atau dari Bandara, jadi kalau mau kembali ke Bandara tetap harus berangkat dariKL Sentral.

Biaya transportasiya tidak terlalu mahal sekitar 8-10RM untuk bus dan 12,5RM untuk kereta.  Tiket bisa diperoleh waktu keluar bandara (diluar terminal kedatangan setelah imigrasi) atau bayar sebelum naik dan didalam bus. Untuk bus airasia bisa juga dipesan online di webnya airasia.

Kereta yang digunakan dari  LCCT menuju KL Central menggunakan KLIA transit, kita harus naik feeder bus dulu ke stasiun Salak Tinggi, bayarnya cukup 1x dan kita akan mendapatkan 2 tiket, tiket untuk naik bus dan tiket untuk masuk ke stasiun Salak tinggi. Sedangkan dari KLIA menggunakan KLIA express atau KLIA transit.

Untuk menemukan bus yang akan mengantar kita ke KL Sentral dari terminal kedatangan LCCT  kita harus keluar kekiri sampai ketempat pool  busnya, tapi untuk bus yang akan mengantar ke stasiun fast train lokasinya tidak jadi satu dengan pool bus lain, tapi cukup keluar kekiri dikit dan 1x menyebrang jalan.

Sesampainya di KL Sentral kita bisa pakai taxi, skybus, LRT atau monorail. Untuk pemesanan taxi resmi masih berada di dalam KL central sebelum pintu keluar. Jika melalui counter resmi,  tarifnya sudah ditentukan jadi nggak perlu takut dengan biaya taksi yang mahal, kecuali untuk pemesanan diatas jam 9 -10 malam akan dikenakan night fee yang sedikit lebih mahal dari harga normal. Diluar KL central juga ada beberapa taxi yang standby tapi kita harus nego dulu biayanya.

 Saya sendiri lebih menyukai KLIA Transit karena tempat duduk lebih lapang dan lebih bersih daripada bus.

Meskipun KL Sentral merupakan pusat transportasi dari dan menuju Bandara dan ke kawasan lain dalam kota Kuala Lumpur, namun antar sarana mode transportasi tidak semudah dan seintegrated di Singapore. Peta informasinya kurang begitu tersedia dan untuk menuju skybus butuh sekitar 5menit untuk jalan kaki sedangkan ke stasiun monorail kita harus jalan sekitar 10 menitan karena lokasinya memang diluar KL Central. Tidak semua stasiun monorail menggunakan eksalator sehingga lumayan capek untuk naik turun ke stasiun Monorail. Jadi sebaiknya siapkan peta monorail / LRT  dan skybus sebelum berangkat dan pastinya siapkan energi untuk naik turun ke stasiun monorail dan LRT.

1 comment:

Abah Adam said...

pembetulan ya.. dari LCCT ke KL Sentral ya boleh dikatakan 60 minit atau 75 minit tapi dengan kereta hanya mengambil masa 25 minit hingga 30 minit sahaja... Jom datang ke Kuala Lumpur untuk kali seterusnya... KL Sentral dah berubah.. untuk menuju ke stesen monorail sekarang tidak seperti dahulu.. sekarang hanya memasuki mall jalan sikit dah sampai ke Stesen Monorail...,

Jalan-Jalan ke Bangkok Thailand (Bagian Pertama)

Dulu aku sering komentarin temen yang jalan-jalan ke Bangkok, kupikir apa sih yang dicari karena Bangkok kan sama-sama negara berkemban...