Friday, March 9, 2012

TRANSPORTASI HEMAT KUALA LUMPUR

Transportasi di Kuala Lumpur bisa menggunakan metro /LRT (termasuk monorail) , rapid KL Bus, taxi, bus / coaches umum. Untuk kita pendatang ssebaiknya menggunakan LRT karena jalur-jalurnya sudah jelas, cepat dan bersih. Rapid KL Bus disini kedatangannya tidak begitu jelas dan tempat pemberhentiannya juga tidak begitu memadai, tapi kalau ingin berkeliling kuala lumpur bisa dicoba sekali-kali, jangan lupa siapkan uang receh (pecahan 1 RM) karena begitu masuk bus kita langsung membayar di mesin samping sopir Rapid KL Bus.

Untuk metro / LRT (Light Rail Transit) terdapat 3 jalur yaitu  PUTRA-LRT, STAR-LRT dan KL Monorail.

Tidak meragukan lagi kereta merupakan sarana transportasi termurah dan tercepat untuk berkeliling Kuala Lumpur. Biayanya sekitar 0.70 RM s/d 2.90 RM tergantung tujuannya. Kita bisa beli tiketnya di loket keberangkatan atau dengan mesin tiket. Kedatangan setiap jalur kereta juga tidak menunggu terlalu lama. Rutenya biasanya ada didalam stasiun dan didalam kereta, cuma memang agak susah mendapatkan map nya disini, beda dengan Singapore yang map nya banyak disediakan di tempat publik.

STAR-LRT mempunyai 2 jalur, yellow Line dari Ampang sampai Jalan Sultan Ismail dan  jalur 2 (Sri Petaling line or the green line) yang memiliki 12 stasiun. 2 jalur ini bertemu di Chow Son Lin.
Sedangkan Putra-LRT melayani penumpang dari Terminal Putra ke Kelana Jaya yang akan melalui KLCC, Masjid Jamek dan Stasiun KL sentral.

Putra-LRT beroperasi dari jam  6 pagi sampai 11 malam sedangkan STAR-LRT dari jam 6 pagi sampai jam 12 malam kecuali Minggu dari jam 8 sampai jam 11 malam.

KL Monorail dimulai dari KL Sentral dan berakhir di Titiwangsa Terminal di Jalan Tun Razak. KL Monorail memiliki 11 stasiun dengan panjang 8.6 km dengan 2 rel yang sejajar.  KL Monorail khusus menghubugkan beberapa tujuan penting di wilayah kota Kuala Lumpur (KL) city area diantara mall-mall, perkantoran, hotel dan tujuan wisata lain.

Ini Peta terpadu KL Rapid dan Monorail di Kuala Lumpur:

Apabila kita sampai di KL Central dari Bandara KLIA atau LCCT, kita bisa melanjutkan perjalanan ketempat destinasi kita selanjutnya menggunakan alat transportasi selain diatas dan juga taksi. Untuk taksi resmi ada di dekat pintu masuk KL Central. Biayanya sudah ditentukan sesuai tujuan dan untuk perjalanan malam hari akan terkena midnight surcharge namun tidak banyak sebesar 7RM. Diluar KL Central juga ada taxi tapi kondisi taksinya agak kurang bagus dan harus tawar menawar dulu.

No comments: