Wednesday, April 10, 2013

Wisata Batu Caves Malaysia

Batu Caves Kuala Lumpur


Dalam kunjungan terakhir ke Kuala Lumpur di bulan Februari 2013 kemarin, aku (tepatnya kami  karena jalan dengan teman-teman kantor memanfaatkan tiket promo Airasia Rp 350 ribu pp Palembang-Kuala Lumpur) menyempatkan diri ke Batu Caves, salah satu destinasi wisata di Kuala Lumpur Malaysia.

Batu Caves Malaysia
Batu Caves adalah  adalah bukit kapur yang memiliki serangkaian gua dan kuil  yang berada d daerah  Gombak, 13 kilometer (8 mil) utara dari Kuala Lumpur, Malaysia. Jadi memang tidak begitu jauh dari Kuala Lumpur (dulu sempet mikir lokasi nya jauh seperti wisata-wisata sejenis di Indonesia jadi sempat tidak memasukkan Batu Caves dalam list kunjungan ke Kuala Lumpur). Menurutku tempat ini cukup indah dan recommended untuk dikunjungi. Deretan bukit kapur dan gua-gua, patung hindu raksasa dan burung-burung merpati membuat suasana disini menyenangkan dan pasti sangat menarik untuk mengabadikannya dalam  foto-foto.

Batu Caves

Dari beberapa sumber, bukit kapur disini sudah terbentuk dari 400 tahun lalu sedangkan untuk pembangunan Batu Caves menjadi tempat ibadah oleh K. Thamboosamy Pillai, seorang pedagang India tahun 1860. 

Gua ini adalah salah satu kuil Hindu diluar India yang paling populer yang didedikasikan untuk Dewa Murugan yang menjadi titik fokus Hindu festival Thaipusam di Malaysia. Gua nya terdiri dari tiga gua utama dan beberapa yang lebih kecil. Yang terbesar, disebut sebagai Gua Cathedral atau Gua Kuil, memiliki tinggi 100 m dan langit-langit berukir fitur kuil Hindu. Untuk mencapainya, pengunjung harus mendaki 272 anak tangga, jadi harus persiapkan energi yang cukup untuk menaiki tagganya dan lebih enak kesini kalau pagi atau sore karena panas matahari tidak terlalu menyengat. Biaya masuknya gratis dan diuka dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam.
Cara termudah untuk mencapai Batu Caves adalah dengan komuter dari KL Sentral mengambil jalur merah / Sentul-Port Klang Line menuju stasiun Batu Caves. Biayanya 2 RM untuk satu perjalanan jalan. Kita dapat juga naik taksi dengan biaya 20-25 RM dari KL Sentral. Jika menggunakan bus bisa dengan Bus 11/11d dari Bangkok Bank (Dekat Terminal Bis  Puduraya) atau Bus U6 dari Titiwangsa. 


harus naik 272 anak tangga untuk menuju gua-guanya

No comments:

TIPS CARI TIKET PESAWAT MURAH KE LUAR NEGERI

Sebagai backpacker,  harga pesawat sering menjadi komponen yang penting dalam suatu trip keluar negeri agar bisa sering jalan-jalan keluar n...