Sunday, May 16, 2010

Operasi LASIK


LASIK ( Laser Assisted In Situ Keratomileusis) merupakan teknik mutakhir bedah refraksi setelah Radial KeratoTOMI (RK) dan Photo Refractive Keratectomy (PRK).

LASIK menggunakan sinar laser (panjang gelombang 193nm) untuk membentuk kornea sehingga didapatkan kornea yang memungkinkan sinar bayangan tepat jatuh di retina yang disebut macula.

Dengan demikian penglihatan akan menjadi tajam tanpa bantuan kacamata ataupun lensa kontak. tentu pembentukan ulang kornea ini dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi karena perhitungannya dilakukan dengan alat diangnostik terkomputerisasi.

Ada beberapa jenis kelainan refraksi yang bisa diderita olehseseorang, yaitu: rabun jauh(myopia), rabun dekat (hyperopia),astikmat(silinder). Kelainan refraksi ini dapat dikoreksi denganbeberapa cara: kacamata, lensa kontak, atau dengan Teknologi terkiniyaitu Laser Assisted In Situ Keratomileusis (LASIK).

PROSEDUR TINDAKAN

OPERASI LASIK dilakukan dengan membuat lapisan tipis/flap dibagian kornea. kemudian lapisan ini dibuka dan bagian bawah dari lapisan/flap, yang disebut strorma, disinar dengan laser sehingga terbentuk kornea yang baru.

Setelah laser selesai dilakukan selanjutnya lapisan/flap tadi dikembalikan keposisi semula menutupi bagian strorma tadi. Karena lapisan/flap ini merupakan jaringan hidup, maka dalam beberapa menit akan melekat dengan sendirinya tanpa perlu dijahit.

APAKAH WAVEFRONT GUIDED LASIK?

Perkembangan teknologi sekarang ini memungkinkan orang untuk dapat melihat bintang yang jauhnya ratusan juta kilometer karena mampu menghilangkan aberasi (pembiasan) sinar dengan teknologi wavefront.

Teknologi ini diadopsi untuk mendiagnosa mata, seberapa besar aberasi sinar yang masuk ke dalam mata. makin besar aberasinya, ketajaman makin berkurang. Aberasi sinar dalam mata tiap-tiap individu berbeda. Dengan alat ZYWAVW - teknologi diagnosa Wavefront, maka treatment laser disesuaikan dengan keadaan per individu mata. Ibarat pembuatan baju maka dibuat secara "Tailor Made", yang pas dengan masing-masing individu.

APA KEUNTUNGAN WAVEFRONT GUIDED LASIK?

Hasil studi Global Multi Center yang dilakukan oleh Bausch & Lomb, pasien dengan hasil penglihatan lebih baik prosentasenya lebih banyak dengan Zyoptix (wavefront guided lasik) dibanding dengan standar lasik.

Terakhir ada temen aku di Korea yang mencoba Lasik terbaru namanya Lasek, dengan Lasek memungkinkan mata yg pernah dioperasi untuk operasi lagi suatu saat nantinya. DI Indonesia belum tahu apakah sudah ada atau belum.

Nb:kalau melihat video operasi mata kayaknya serem..tp faktanya nggak seseram yang dibayangkan kok..its fast and safe, insyaAlloh

2 comments:

ima_kyute said...

apa lasik sama dengan keratoplasty??

ima_kyute said...

apa operasi lasik sama halnya dengan keroplasty?

JALAN-JALAN KE BANGKOK

Dulu aku sering komentarin temen yang jalan-jalan ke Bangkok, kupikir apa sih yang dicari karena Bangkok kan sama-sama negara berkemban...