Tuesday, February 25, 2014

WISATA KULINER SEMARANG


lawang sewu semarang
Lawang Sewu Semarang

Semarang tidak hanya melulu lumpia semarang atau tahu bakso ungaran yang melegenda, tapi ada juga makanan-makanan lain yang harus dicoba.

Aku pernah tinggal di Semarang selama 7 bulan tahun 2013 lalu, yang pasti akan selalu diingat adalah kulinernya. Kuliner di Semarang menurutku cukup variatif jadi nggak bakal bosen karena pilihannya banyak, jadi sangat cocok untuk para pecinta kuliner.
tahu gimbal
Jika singgah ke Semarang, jangan lupa untuk nyobain tahu gimbal. Makanan ini banyak ditemukan di Semarang, tapi menurutku yang paling enak adalah yang didepan kantor Pertamina di Jalan Pemuda Semarang, gimbalnya renyah, bumbunya pas, porsinya nendang dan pasti murah-meriah. Penjualnya buka dari pagi sampai sore.

Bakmi Jowo Semarang
Makanan kedua yang harus masuk dalam daftar wisata kuliner Semarang adalah bakmi jowo (hmmm....langsung kebayang enaknya kalau malam-malam hujan gini makan bakmi godog campur bihun pedes..). Ada beberapa warung yang enak dan yang jadi sering jadi langganan pejabat meski tempatnya biasa saja adalah Bakmi Jowo Pak Gareng di Jalan Wotgandul Dalam 177 Semarang (bisa masuk dari jalan Gajah Mada Semarang), atau kadang hari-hari biasa cukup beli di deket kost di Jl S.parman atau Pak Dulmani di depan Mall Paragon Semarang.
soto ayam semarang
Makanan ketiga yang patut dicoba adalah soto ayam Semarang...sotonya mirip soto kudus gitu, dihidangkan dalam mangkok kecil-kecil dengan pilihan tambahan telur puyuh, sate atau goreng-gorengan. Rasanya seger dan tidak terlalu berminyak. Padahal sebenarnya aku nggak terlalu suka soto, tapi ntah mengapa di Semarang ini sotonya enak dan rasanya pas semua. Dari semua soto semarang yang enak,yang paling cocok adalah Soto Pak ayam Pak Darno di jalan Thamrin Semarang.
Tahu Pong Jalan Gadjah Mada Semarang

Makanan melegenda lainnya dari Semarang adalah Tahu Pong. Meski tidak mengenyangkan tapi makanan ini cukup bisa untuk mengganjal perut. Taho Pong yang lumayan terkenal di Semarang berada di jl Gajah Mada Semarang (dekat hotel Gumaya)

Tempat makan lain yang wajib masuk daftar wisata kuliner di Semarang adalah gado-gado dan es puter deket PLN (seberang mall Paragon Semarang) buka pagi sampai sore, ayam goreng dan sop buntut Pak Supar (yang ini sambelnya enak banget) dan nasi goreng babat dekat stadion.
Ayam Goreng "Pak Supar"

es puter dekat PLN Semarang

No comments:

Jalan-Jalan ke Bangkok Thailand (Bagian Pertama)

Dulu aku sering komentarin temen yang jalan-jalan ke Bangkok, kupikir apa sih yang dicari karena Bangkok kan sama-sama negara berkemban...