Wednesday, September 5, 2012

Ujian PPAT tahun 2012

Update:
- pengumuman  peserta ujian PPAT 2012 yang lolos administrasi ada disini.
- pengumuman kelulusan ujian PPAT 2012 disini    

PENGUMUMAN
Nomor 16/Peng-300.17/VIII/2012
TENTANG PENDAFTARAN UJIAN PPAT TAHUN 2012
 
Diberitahukan, bahwa berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 347/KEP-100.17.3/VIII/2012 Tanggal 31 Agustus 2012 tentang Penyelenggaraan Ujian Pejabat Pembuat Akta Tanah Tahun 2012, Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia akan menyelenggarakan Ujian Penerimaan bagi calon Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Tahun 2012 bertempat di Kampus Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Jl. Tata Bumi No. 5 Sleman, Yogyakarta telp.  (0274) 587239 , dengan ketentuan sebagai berikut:
A. PERSYARATAN PENDAFTARAN
Surat permohonan calon peserta ujian PPAT tahun 2012 ditujukan kepada Ketua Panitia Penyelenggara Ujian Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Tahun 2012 dengan alamat Jl. Sisingamangaraja No. 2, Jakarta Selatan dengan melampirkan:
  1. Bukti pendaftaran ujian PPAT secara online;
  2. Fotocopy KTP yang masih berlaku dan dilegalisir;
  3. Pas photo berwarna dengan berlatar belakang biru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 (tiga) lembar;
  4. Fotocopy ijazah Strata Satu yang dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang;
  5. Fotocopy ijazah Program Pendidikan Spesialis Notariat atau Magister Kenotariatan yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
  6. Pernyataan pilihan daerah kerja PPAT di atas materai Rp. 6000,- (format surat pernyataan terlampir);
  7. Peserta ujian yang telah menjabat Notaris agar melampirkan fotocopy SK Pengangkatan dan Berita Acara Sumpah Jabatan Notaris yang telah dilegalisir;
B. PENDAFTARAN
  1. Pendaftaran ujian calon PPAT dibuka sejak tanggal 5 September 2012 s/d 15 September 2012;
  2. Pendaftaran dilakukan melalui website Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia dengan alamat http://www.bpn.go.id;
  3. Calon peserta ujian PPAT telah berusia 30 tahun pada tanggal 30 Desember 2012;
  4. Bagi calon peserta ujian PPAT yang telah melakukan pendaftaran secara online akan mendapatkan nomor registrasi yang harus dicetak dari sistem dan untuk selanjutnya berkas persyaratan sebagaimana dimaksud pada huruf A di atas diserahkan langsung oleh calon peserta ujian PPAT melalui Kanwil BPN Provinsi yang telah ditentukan sebagaimana (terlampir) atau langsung ke Sekretariat Pendaftaran Ujian PPAT tahun 2012 di Kantor Badan Pertanahan Nasional RI Jl. Sisingamangaraja No. 2 Kebayoran Baru Jakarta Selatan ;
  5. Apabila berkas sudah dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat oleh Panitia, maka calon peserta ujian PPAT mendapat surat tanda terima berkas;
C. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI
  1. Calon peserta ujian PPAT yang memenuhi syarat administrasi akan diumumkan untuk mengikuti ujian tertulis;
  2. Calon peserta yang memenuhi persyaratan (lulus seleksi administrasi) diumumkan melalui website Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia.
  3. Calon peserta sebagaimana dimaksud pada huruf C angka 2 selanjutnya mencetak tanda bukti lulus seleksi administrasi melalui sistem.
  4. Calon peserta sebagaimana dimaksud pada huruf C angka 2 membayar uang PNBP sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 13 Tahun 2010 sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) melalui nomor rekening giro AC.126-0003018297 Bank Mandiri cabang Jakarta Departemen PU atas nama Bendahara Penerimaan BPN RI;
  5. Pengumuman melalui website dianggap sebagai surat penggilan ujian;
D. PELAKSANAAN UJIAN
  1. Waktu Ujian: Jadwal pelaksanaan ujian calon PPAT akan diumumkan melalui website Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia.
  2. Materi Ujian:
    1. Hukum Pertanahan Nasional;
    2. Organisasi dan Kelembagaan Pertanahan;
    3. Pendaftaran Tanah;
    4. Peraturan Jabatan PPAT;
    5. Pembuatan Akta PPAT;
    6. Etika Profesi;
E. LAIN-LAIN
  1. Pengambilan tanda peserta ujian calon PPAT tahun 2012 melalui Sekretariat Pendaftaran Ujian PPAT tahun 2012 di Kantor Badan Pertanahan Nasional RI Jl. Sisingamangaraja No. 2 Kebayoran Baru Jakarta Selatan atau 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan ujian PPAT di Kampus Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Jl. Tata Bumi No. 5 Sleman, Yogyakarta telp.  (0274) 587239  dengan syarat menunjukan tanda bukti lulus administrasi dan tanda bukti pembayaran PNBP;
  2. Ujian PPAT dilaksanakan untuk mengisi formasi PPAT Tahun 2012 Seluruh Indonesia sebagaimana formasi terlampir;
  3. Calon PPAT memilih daerah kerja sesuai dengan formasi daerah kerja PPAT yang masih terbuka (Formasi Terlampir).
Demikian untuk menjadi perhatian.

Dikeluarkan di Jakarta
pada tanggal 31 Agustus 2012
Direktur Pendaftaran Hak Tanah dan Guna Ruang
Selaku
Ketua Panitia Penyelenggara Ujian
Pejabat Pembuat Akta Tanah,
ttd.
Dr. H.S. Muhammad Ikhsan, S.H., M.Si.,M.H.
NIP. 19620209 198703 1 002

1 comment:

Unknown said...

Oalah mbak ....ternyata blog nya sampean tokh ......hehehehehe its me Nasrun.

TIPS CARI TIKET PESAWAT MURAH KE LUAR NEGERI

Sebagai backpacker,  harga pesawat sering menjadi komponen yang penting dalam suatu trip keluar negeri agar bisa sering jalan-jalan keluar n...